STAR ENERGY LEADERSHIP DEVELOPMENT PROGRAM (SE-LDP) –
INSEAD LEADING ORGANIZATIONAL CHANGE
 
Star Energy berkomitmen pada pengembangan asset terpenting yaitu para pekerjanya dan mewujudkan komitmen tersebut dalam berbagai program. Salah satu focus adalah Program Pengembangan Kepemimpinan (Leadership Development Program) sejak 2011, baik pada sektor oil & gas maupun geothermal. Bekerja sama dengan INSEAD, business school dunia terkemuka di bidang executive education, Program Pengembangan Kepemimpinan awalnya ditujukan kepada high level manajerial dengan mengirimkan para Vice Presidents untuk belajar dari para professor INSEAD di kampusnya yang berlokasi di Paris dan Singapura. Selanjutnya, komitmen pengembangan Star Energy lebih lanjut terlihat dengan mengirimkan seluruh level manajerial ke atas dalam suatu program INSEAD-Star Energy Strategy Execution Program.
 
Menyadari bahwa dalam menghadapi perubahan membutuhkan dukungan seluruh lapisan pekerja, sejak 2016 sektor geothermal memulai program pengembangan yang disebut Star Energy Leading Organizational Change Program yang melibatkan dua grup pekerja yaitu Established Leaders untuk level manajerial ke atas dan Emerging Leaders untuk level supervisori, baik dari Star Energy Geothermal (Wayang Windu) Ltd maupun PT Star Energy Geothermal Indonesia. Program pengembangan jangka panjang ini diawali dengan Module 1 dan Module 2 yang sudah dilakukan pada bulan September-Oktober 2016 dan Mei 2017, masing-masing selama seminggu penuh.
 
Pada Module 1, in class training untuk Established Leaders dilakukan terpisah dari Emerging Leaders. Pada tahap ini fokus program lebih dititikberatkan pada pembekalan ilmu mengenai teori-teori kepemimpinan dan studi kasus-kasus dari pengalaman beberapa perusahaan terkemuka sebagai referensi. Module 1 ini juga lebih memfokuskan pada pengembangan pemimpin secara pribadi, kriteria-kriteria yang diperlukan seorang pemimpin supaya lebih efektif terutama dalam interaksi internal tim masing-masing.
 
Pada Module 2, konsep in class training untuk Established Leaders dan Emerging Leaders dilakukan dalam satu kelas. Hal ini menjadi menarik karena fungsi atasan dan bawahan ‘dipaksa’ untuk berkomunikasi tanpa adanya hambatan hierarki jabatan. Program ini sengaja dirancang seperti ini agar proses alignment bisa berjalan dengan baik dan komunikasi tidak mengalami hambatan. Hasil dari konsep program tersebut dirasakan benar oleh para peserta dan terbukti sangat membantu komunikasi yang lancar antar bagian, terutama di dalam sebuah project yang sangat memerlukan kerja sama tim.
 
Program LDP bersama INSEAD ini direncanakan sebagai program yang berkelanjutan, dimana konsep besar pada setiap module lanjutan pada tahun berikutnnya akan disesuaikan dengan visi Perusahaan dan konsep kepemimpinan yang dibutuhkan dalam pekerjaan rutin dan project supaya dapat mendukung pencapaian dari target kerja di tiap bagian setiap tahunnya.
 
Program LDP ini juga memiliki tujuan untuk mematangkan para pemimpin Star Energy serta mempersiapkan para calon pemimpin Star Energy di masa mendatang agar dapat memenuhi tantangan- tantangan organisasi. Seiring dengan perkembangan Perusahaan, terutama di bidang geothermal, program ini diharapkan pada akhirnya dapat mendukung persiapan people development ke arah tercapainya visi Perusahaan; produksi geothermal sebesar 1.200 MW pada tahun 2028. (YY/NS)