Star Energy mendapatkan penghargaan PROPER EMAS untuk Star Energy Geothermal Wayang Windu, dan penghargaan PROPER HIJAU untuk Star Energy Kakap dan Star Energy Geothermal Salak serta penghargaan PROPER BIRU untuk Star Energy Geothermal Darajat II pada penganugerahan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER)  yang dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tanggal 18 Desember 2017.

Anugerah Proper Tahun 2017 ini, merupakan hasil seleksi periode 2016-2017 diikuti 1.819 perusahaan yang telah melalui penilaian mandiri dan verifikasi lapangan. Sebanyak 571 perusahaan diawasi langsung oleh provinsi, dan 1.248 perusahaan diawasi oleh KLHK. Berdasarkan evaluasi Tim Teknis dan pertimbangan Dewan Pertimbangan Proper, ditetapkan peraih peringkat Emas sebanyak 19 perusahaan, Hijau 150 perusahaan, Biru 1.486 perusahaan, Merah 130 perusahaan, dan Hitam 1 perusahaan.

Pemberian penghargaan ini bertujuan untuk mendorong perusahaan-perusahaan dalam mengembangkan inovasi bagi pengelolaan lingkungan dengan menciptakan unsur kebaruan, memberikan dampak positif terhadap lingkungan, mengkuantifikasi keuntungan eknomi dari inovasi, serta menunjukkan pertambahan nilai bagi karyawan, konsumen dan masyarakat.

Pencapaian tersebut membuktikan bahwa Star Energy tidak hanya memenuhi ketaatan terhadap peraturan dan undang-undang, tetapi juga melakukan inovasi dan berupaya menjadi yang terdepan dalam menerapkan strategi keberlanjutan pengelolaan lingkungan dan tanggung jawab sosial perusahaan.